KONTAK SAYA

eMail Twitter Facebook

TELUSURI

GALERI FOTO

Kategori Arsip Daftar Isi

MULAI DARI SINI

Home Portfolio Pembayaran

Kamus Komputer dan handphone



Mainboard

Mainboard biasa disebut motherboard, adalah papan rangkaian utama pada computer dimana processor, memori dan peripheral-peripheral lainnya terpasang.


Adapter

Rangkaian atau interface dalam computer/PC yang dapat digunakan sebagai penghubung kea lat peripheral lain.


Server

Computer yang bertugas sebagai “pelayan” jaringan. Server akan mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan yang menyediakan resource yang dapat dipakai oleh computer lain yang terhubung dalam jaringan nya.


Log in

Proses awal “ menggunkan “ suatu computer jaringa yang ditandai dengan mengindetifikasi kata sandi pengguna yang dikenal computer jaringan.


GIF (Graphics Interchange Format)

Sebuah format standar untuk file grafis (image) terkompresi. File GIF menggunakan teknik kompresi non-lossy sehingga lebih cocok untuk diterapkan pada image yang tidak terlalu kompleks dengan sejumlah warna yang sedikit.


MP3

MP3 alias MPEG player 3. Sebuah format rekaman audio digital terkompresi. Teknologi ini memungkinkan format rekaman audio digital dengan kualitas mendekati CD memiliki ukuran yang relative kecil sehingga dapat didistribusi dan didownload via internet.


Interface

Dalam terminology perangkat lunak, interface bisa diartikan sebagai tampilan atau cara perangkat lunak bersangkutan berintegrasi dengan penggunannya. Sedangkan dalam terminology perangkat keras interface mengacu kepada standar yang digunakan oleh suatu peripheral tertentu untuk berhubungan dengan peripheral lainnya dalam satu system.


IC (Integrated circuit)

Integrated circuit (IC). Yaitu sebuah rangkaian mikroelektronik berupa semikonduktor yang terdiri dari sejumlah besar transistor dan komponen lainnya. IC dikemas dalam sepotong bidang persegi empat dari silicon. IC dapat digolongkan menjadi IC analog, digital maupun hybrid (campuran).


ATA (AT Attachment)

Desain interface hard disk dengan controller yang terintegrasi didalamnnya. Desain ATA kemudian dikembangkan lagi menjadi ATA-2 dan ultra ATA dengan menambahkan berbagai kelebihan, diantaranya kemampuan untuk memberikan informasi karakteristik hard disk untuk keperluan plug dan play dan meningkatkan kecepatan akses.


JPEG ( Joint Photographic Experts Group.

JPEG merupakan format file gambar (image) yang dikompresi dengan metode lossu. Format ini cocok diterapkan pada file image yang kompleks dengan jumlah warna yang banyak.


CPU ( central proceccing unit )

Unit pemproses sentral pada sebuah computer. Umumnnya CPU diartikan sebagai kontak dimana seluruh peripheral dirangkai. Namun dalam pengertian teknis, CPU merujuk kepada processor yang terpasang dalam sebuah system computer.


Attachment

Istilah yang sangat popular bagi pengguna layanan email. Attcament merupkan satu atau beberapa lampiran data/file. Dalam email, attachment ini sangat bermamfaat, selain untuk berkirim file juga bisa saling berkirim fhoto atau gambar.


Blog

Merupakan salah satu layanan pada situs web yang digunakan untuk menulis jurnal yang biasanya du-update secara rutin. Melalui blog, pengguna dapat melakukan posting tulisan –tulisan dengan berbagai topic yang menarik untuk dijadikan konsumsi public.


Peripheral

Istilah dalam computer yang digunakan untuk peralatan seperti penggerak disk, printer, modem dan lainnya yang dihubungkan ke computer dan dikendalikan oleh processornya.


Cache

Dalam terminology hardware istilah ini biasanya merujuk pada memory berkecepatan tinggi yang menjembatani aliran data antara processor dengan memory utama (RAM) yang biasannya memiliki kecepatan yang jauh lebih rendah . dalam terminolgi software, istilah ini merujuk pada tempat penyimpanan sementara untuk file-file yang sering diakses.



Subscriber
Pengujung situs atau blog yang berlangganan RSS feed sebuah situs ataupun berlangganan melalui email. Manakala sistus diupdate dengan konten baru, pelanggan akan menerima konten melalui RSS reader ataupun email.

DCS ( Digital Commincation System
Merupakan system telepon seluler yang menggunakan teknologi GSM yang beroperasi dalam pita frekuensi 1800 MHz.

Storage
Storage merupakan suatu media penyimpanan data. Storage dibedakan menjadi removable storage, yaitu media penyimpanan data yang dapat dipindah sewaktu-waktu, dan non removable storage, yaitu media penyimpanan yang bersifat tetap.

Port
Interface yang memungkinkan sebuah PC dapat mengirimkan atau menerima informasi ke atau dari piranti eksternar, seperti printer, ataupun modem. Sebuah PC umumnya terdiri dari port serial, parallel dan beberapa port USB.

Processor

Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system pada computer ataupun ponsel. Dan suatu alat yang menterjemahkan dan melaksanakan intruksi-intruksi yang melaluinya, atau alat yang berfungsi sebagai otak computer / ponsel.

Node B

Merupakan base transceiver system (BTS) yang digunakan untuk jaringan 3G W-CDMA/UMTS.

Serat optic

Merujuk pada kabel yang menggunakan serat optok dan teknologi laser, berkas cahaya yang dimodulasi merupakan data ditransmisi melalui filamen kaca tipis.

Encode
Suatu proses kompresi untuk data audio atau pun video dan berguna juga sebagai converting dari data audio ataupun video tertentu kedalam bentuk lainnya.

microSD
merupakan format flash memory superkecil yang dirancang berdasarkan format memory card ScanDisk Tranflash. Tidak hanya sebatas ponsel, MicroSD mulai digunakan diperangkat digital lainya seperti GPS, MP3 Player, dan drive flash memory yang berbasis USB.

Access Time
Access time yaitu alat untuk mengukur kecepatan akses pada media penyimpanan atau memoru. Kecepatan access time pada memory diukur dengan menggunkan satuan nanodetik. Makin kecil angka acces time menunjukan kecepatan yang lebih tinggi.

Bitmap (BMP)
Suatu bit image, khususnya sruktur data yang menyatakan bit image yang ada pada memori, yang mewakili suatu gambar yang akan ditampilkan pada layar.

Crash
Kegagalan secara tiba-tiba, biasanya digunakan untuk menjelaskan kegagalan sebuah program seperti penggerak disk hardisk, dan sebagaiya.

Enkripsi Proses membuatkan informasi yang tidak dapat dibaca untuk memproteksi informasi dari penggunaan yang tidak sah.

2 comments:

Anonymous [Reply] said...

thanks ats infonya gan

Asfahani [Reply] said...

Thanks Gan..

Post a Comment

 
Copyright © l'esthetique